Cara Menggambar Karakter Anime
Banyak pemula memilih anime / manga sebagai gaya gambar pertama mereka, karena terlihat sangat sederhana dan menarik. Namun, jika Anda ingin menggambar karakter manga dari awal, Anda perlu memahami proporsi dan struktur tubuh. Dan jika Anda ingin menggambar tubuh anime dari imajinasi, Anda bahkan perlu mengetahui anatomi manusia. Jadi saat menggambar karakter anime lebih mudah daripada menggambar secara realistis, itu tetap tidak mudah!
Pada tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda dasar-dasar menggambar tubuh karakter anime. Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memulai menggambar manga — bagaimana mendefinisikan pose untuk karakter Anda dan bagaimana memastikan proporsinya benar. Kemudian saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana mengubah “kerangka” ini menjadi struktur 3D dan bagaimana menambah otot padanya.
Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui untuk menggambar karakter anime dari awal — gerakan, proporsi, bentuk, dan anatomi. Semuanya dijelaskan pada level pemula!
1. Proporsi Tubuh Anime
Karakter anime tidak memiliki proporsi yang sangat ketat — masing-masing pembuat memiliki gayanya sendiri, dan tidak mungkin membuat satu lembar proporsi yang tepat untuk tubuh manga. Namun, sementara tidak ada proporsi yang benar dan salah, ada yang disengaja dan tidak disengaja.
Untuk memberikan proporsi Anda tampilan yang disengaja, Anda harus membuatnya konsisten. Untuk ini, yang terbaik adalah mengikuti aturan tertentu saat Anda menggambar. Aturan paling universal untuk menggambar tubuh anime proporsional adalah:
* Sebagian besar waktu, tubuh karakter anime dapat dibagi menjadi dua bagian tepat di tingkat selangkangan. Kadang-kadang, setengah bagian bawah dibuat lebih panjang untuk membuat kaki lebih panjang atau batang tubuh lebih kuat, tetapi jarang lebih pendek (A).
* Sebagian besar waktu, tubuh karakter anime dapat dibagi menjadi dua bagian tepat di tingkat selangkangan. Kadang-kadang, setengah bagian bawah dibuat lebih panjang untuk membuat kaki lebih panjang atau batang tubuh lebih kuat, tetapi jarang lebih pendek (A).
* Jarak antara selangkangan dan titik tengah lutut sama dengan jarak antara titik tengah lutut dan pergelangan kaki (C).
* Laki-laki lebih tinggi daripada perempuan, dan dada dan pinggul mereka memiliki lebar yang sama. Wanita cenderung memiliki pinggul yang lebih lebar dan dada lebih sempit.
Begitu Anda ingat proporsi Anda seperti ini, jauh lebih mudah untuk menerapkannya daripada ketika Anda menggunakan aturan yang begitu banyak kepala-panjang. Mari kita jujur - bagaimana Anda memulai menggambar manga ketika satu-satunya hal yang Anda ketahui adalah bagaimana seharusnya terlihat ketika selesai? Apakah Anda harus menggambar kepala, lalu mengalikannya enam setengah kali, dan kemudian menggambar tubuh yang dinamis di atasnya? Metode pengukuran proporsi ini selalu tampak konyol bagi saya. Jadi biarkan saya tunjukkan metode yang jauh lebih mudah!
Langkah 1
Untuk menggambar pose yang dinamis untuk karakter anime Anda, ada baiknya menggunakan referensi. Bahkan para profesional melakukannya, karena tidak mudah membayangkan pose alami. Anda dapat menggunakan gambar menggambar atau referensi foto. Saya menggunakan foto dua petinju ini, tetapi Anda dapat menemukan banyak foto lainnya di Envato Elements.
Setelah Anda memiliki referensi Anda, cari garis utama tindakan. Jika Anda mengurangi seluruh pose menjadi satu baris, akan terlihat seperti apa?
Apakah kamu menemukannya? Gambarlah dengan gerakan cepat dan halus.
Langkah 2
Itu mudah, bukan? Mari kita melengkapi jalur utama ini dengan yang lain. Biasanya, itu akan menjadi kaki yang lain. Sekali lagi, gambarkan dengan cepat dan lancar, abaikan detailnya.
Langkah 3
Saatnya untuk lengan! Jangan terlalu khawatir tentang panjangnya; Kurva lebih penting di sini.
Di sinilah Anda dapat menemui masalah pertama Anda di mana harus meletakkan bahu? Itu tidak terlalu penting, asalkan ada jarak antara mereka dan selangkangan. Kami akan menyesuaikan semuanya nanti!
Langkah 4
Gambarkan kepalanya sekarang. Itu harus ditempatkan dekat dengan garis utama tindakan. Ukurannya akan membantu kita menghitung proporsi lainnya.
Langkah 5
Apakah Anda ingat aturan tentang separuh tubuh? Anda tahu di mana kepala berakhir, dan Anda tahu di mana ujung-ujung kaki (kira-kira), jadi sekarang cari titik tengah – ini akan menjadi daerah selangkangan karakter anime kita. Tentu saja, jangan ragu untuk memodifikasi proporsi ini untuk efek yang Anda maksudkan!
Langkah 6
Untuk membuat kerangka ini lebih jelas, tambahkan “dada” dan “pinggul”, seperti jam pasir. Di sinilah Anda dapat bermain dengan proporsi untuk menciptakan tubuh yang lebih khas. Salah satu karakter saya adalah laki-laki yang sangat berotot, dan yang lainnya muda, perempuan yang bugar. Perhatikan bagaimana bentuk “jam pasir” mencerminkan tubuh mereka pada tahap awal ini.
Langkah 7
Saatnya memasukkan aturan lain. Temukan pergelangan kaki dan tandai tengah jarak antara itu dan selangkangan untuk menemukan lutut. Temukan siku dan tandai ujung telapak tangan.
Langkah 8
Akhirnya, gambarlah “tulang” yang sebenarnya di atas garis dinamis, tetapi sedikit tidak akurat ini.
2. Cara Menggambar Tubuh Anime
“Kerangka” ini, meskipun sangat sederhana, sebenarnya separuh dari pekerjaan — begitu Anda telah mengatur proporsi seperti yang Anda inginkan, tidak banyak yang dapat Anda lakukan salah! Tapi kerangka yang digambarkan dengan benar hanyalah sebuah kerangka, jadi mari kita lihat bagaimana mengisinya dan membuat tubuh.
Tubuh anime dapat direduksi menjadi bentuk sederhana, seperti bola dan ellipsoids. Mereka memperkenalkan tingkat proporsi yang lain, meskipun mereka jauh lebih longgar dan lebih mudah untuk tetap benar. Penting untuk diingat bahwa meskipun mereka terlihat seperti lingkaran dan elips dalam gambar Anda, mereka sebenarnya objek 3D, dan mereka tunduk pada perspektif.
Mari kita lihat bagian-bagian tubuh secara terpisah. Tubuh masih terlihat sangat mirip jam pasir. Anda hanya perlu mengingat tentang memiringkan dada dan pinggul ke arah pinggang di belakang.
Anggota badan sedikit lebih rumit, tetapi masih mudah dimengerti. Bayangkan saja mereka sebagai anggota boneka menggambar! Juga, perhatikan sambungannya.
Langkah 1
Mari kita mempraktekkannya sekarang. Pertama, gambar batang tubuh. Anda harus sangat berhati-hati di sini — sesuaikan perspektif dengan posenya. Karakter anime yang dinamis jarang menggunakan pandangan sederhana seperti depan atau samping murni!
Langkah 2
Selanjutnya, cari sendi dan tandai mereka sebagai bola.
Langkah 3
Tambahkan massa otot besar sekarang. Jangan ragu untuk menyesuaikan ukuran dan bentuk mereka dengan gaya tubuh karakter. Laki-laki saya seharusnya berotot dengan kejam sebagai lawan dari perempuan langsing.
Langkah 4
Akhirnya, tambahkan bokong, selangkangan, dan payudara.
3. Bagaimana Menggambar Anime Torso dan Payudara
Seluruh tubuh sudah mapan, jadi sekarang kita hanya perlu menambahkan detailnya. Bahkan jika Anda tidak terlalu peduli untuk menunjukkan definisi otot, anatomi masih memengaruhi tampilan akhir tubuh, jadi Anda tidak dapat mengabaikannya. Jadi mari kita lihat lebih dekat anatomi tubuh anime.
Tubuh adalah yang paling sederhana untuk menggambar karena memiliki massa otot yang besar dan jelas, dan tidak berubah terlalu banyak. Abs dan pectoral adalah otot yang dikenal bahkan untuk orang awam, jadi pastikan untuk menandai mereka.
Langkah 1
Mari kita lihat bagaimana otot-otot ini dapat disederhanakan menjadi garis yang mudah digambar. Pertama, pinggang harus dihaluskan. Wanita itu memiliki pinggang yang lebih sempit.
Langkah 2
Mari kita lihat bagaimana otot-otot ini dapat disederhanakan menjadi garis yang mudah digambar. Pertama, pinggang harus dihaluskan. Wanita itu memiliki pinggang yang lebih sempit.
Langkah 3
Garis tengah terlihat lurus hanya di tampilan depan. Dalam pandangan lain, amplop-amplop itu menyilang otot-otot yang disilangkan, menonjolkan bentuknya. Ada punuk kecil di bawah pusar, lebih jelas pada wanita.
Langkah 4
Keseluruhan six-pack dapat diuraikan dengan rapi, menunjukkan penempatan komponennya. Pectoral menuju ke ketiak, dan mereka ditutupi sedikit oleh otot lengan, yang mempengaruhi bentuknya.
Langkah 5
Keseluruhan six-pack dapat diuraikan dengan rapi, menunjukkan penempatan komponennya. Pectoral menuju ke ketiak, dan mereka ditutupi sedikit oleh otot lengan, yang mempengaruhi bentuknya.
Langkah 6
Leher cukup mudah: cukup tarik garis dari pusat klavikula ke telinga, dan isi sisanya sebagai kolom sederhana. Untuk bagian belakang, jangan lupa tentang tulang belikat.
Langkah 7
Otot punggungnya besar dan cukup sederhana. Yang atas memiliki bentuk layang-layang (mendukung leher dari belakang), dan yang lebih rendah memiliki bentuk “V” (itu terhubung ke lengan).
Berikut ini diagram yang disederhanakan dari semua garis panduan ini. Seperti yang Anda lihat, meskipun kesederhanaannya, mereka menunjukkan definisi otot dengan cukup berhasil.
Langkah 8
Payudara bisa sulit untuk digambarkan, karena mereka tidak benar-benar seperti yang terlihat. Mereka adalah massa yang lunak, sangat dipengaruhi oleh gravitasi, bukan hanya bola yang melekat di dada. Mereka tidak benar-benar memiliki satu bentuk yang solid – itu berubah sepanjang waktu dengan posenya.
Ketika Anda mulai menggambar payudara, tandai mereka sebagai bola sederhana dari ukuran yang dimaksudkan. Tempatkan sphere sebagian di dalam peti untuk efek yang lebih alami.
Untuk menempatkan payudara dengan benar dan simetris di setiap tampilan, bayangkan mereka dengan “tali” diikat di belakang leher.
Karena dalam pose saya, wanita itu memegang salah satu lengannya dekat, saya memindahkan payudara yang berdekatan lebih tinggi, karena sedikit mendorong.
Langkah 9
Puting dapat ditemukan seperti pada laki-laki, kecuali mereka lebih rendah dan ditempatkan lebih di depan. Garis ini akan membantu Anda membuat bentuk yang tepat untuk bagian atas payudara.
Langkah 10
Untuk lebih melihat bentuk 3D dari payudara, terutama dalam pandangan yang sulit, Anda dapat menggambar dua garis di bawah puting, menciptakan segitiga.
Berikut ini diagram payudara yang disederhanakan untuk referensi Anda.
Saya menyebutkan sebelumnya bahwa payudara berubah bentuk, dan ini adalah sesuatu yang perlu Anda perhatikan. Payudara alami jarang terlihat di atas kecuali mereka didorong ke atas atau ke tengah.
4. Cara Menggambar Kaki Anime
Kaki memiliki banyak otot dengan berbagai bentuk dan panjang, bergerak ke berbagai arah. Mereka tidak mudah diingat, tapi untungnya tidak perlu. Anda hanya perlu memahami bagaimana mereka mempengaruhi bentuk kaki secara umum.
Langkah 1
Kaki memiliki beberapa ritme linier yang tersembunyi di dalamnya, dan begitu Anda menemukannya, Anda tidak akan pernah memiliki masalah dengan menggambarnya lagi. Mari mulai dengan bentuk “S” panjang yang terlihat di tampilan samping.
Langkah 2
Tampilan samping ini lengkap dengan sepasang garis lain:
Langkah 3
Pandangan depan dan belakang memiliki ritme lain, dengan lebih banyak lekukan:
Langkah 4
Anda bisa menyelesaikannya dengan bentuk “3” panjang.
Langkah 5
Dan itu sebagian besar! Anda dapat menambahkan pantat sekarang, selesaikan …
Langkah 6
… dan tambahkan detail apa pun yang Anda butuhkan. Menurut saya, bentuk dasar lutut, pergelangan kaki, dan tulang kaki bagian bawah adalah yang paling penting di sini. Sisanya dapat dengan aman diabaikan kecuali jika Anda menggambar superhero dengan otot-otot menonjol keluar dari setiap inci tubuh mereka.
Berikut diagram cepat otot-otot kaki untuk referensi Anda.
5. Cara Menggambar Tangan Anime
Mari kita jujur: lengan adalah bagian anatomi yang paling rumit, karena mereka memiliki banyak otot dan sangat mobile, menciptakan berbagai macam pose mereka sendiri. Tetapi mereka dapat disederhanakan juga!
Langkah 1
Pertama, Anda perlu memperhatikan bentuk lengan bawah. Ini sebenarnya bukan ellipsoid: ini adalah bentuk yang kurang teratur yang berubah secara tak terduga selama rotasi. Untuk memahaminya, coba lihat lengan bawah Anda, telapak ke atas. Ada pembulatan antara ibu jari dan sisi luar bisep, dan perataan antara jari kelingking dan siku. Tetap seperti ini terlepas dari rotasi dan tampilan.
Langkah 2
Otot lengan menutupi bagian dari tulang belikat di punggung dan bagian otot pektoral di depan, seperti topi besar. Otot ini adalah yang paling mudah dimengerti.
Langkah 3
Bisep dan trisep terletak di sisi berlawanan dari lengan. Siku terlihat di sisi triceps.
Langkah 4
Ketika datang ke otot lengan bawah, Anda kebanyakan hanya membutuhkan dua dari mereka: yang pergi dari sisi luar bisep ke ibu jari (yang menciptakan pembulatan) …
Langkah 5
… dan yang mengalir dari tempat yang hampir sama ke bagian atas tangan. Dalam banyak kasus, jika pose tidak memungkinkan Anda menggunakan yang ini atau yang lain, Anda dapat membagi lengan bawah menjadi dua.
Dan inilah diagram sederhana dari otot lengan.
Setelah selesai, Anda dapat menggambar garis akhir. Hal terbaik tentang menggunakan jalur panduan pertama adalah Anda dapat melihat dengan jelas kesalahan apa pun, dan Anda mendapat kesempatan untuk memperbaikinya — dengan referensi yang jelas tentang arah yang harus Anda hindari. Jadi tinta garis akhir Anda, memperbaiki kesalahan saat Anda pergi.
Kerja Bagus!
Sekarang Anda tahu cara menggambar karakter anime — tubuh dan anatomi mereka. Anda tahu cara menggambar tubuh, kaki, dan lengan dalam gaya manga, dan Anda tahu bagaimana mendefinisikan pose dengan mudah dengan proporsi yang benar.
Ini adalah tutorial pertama dari seri tentang Bagaimana Menggambar Anime. Terus pantau untuk lebih lanjut, dan sementara itu Anda dapat mencoba tutorial kami yang lain. Jika Anda ingin meningkatkan pengetahuan Anda tentang gambar figur, Anda akan menyukai seri ini:
Dan jika Anda tertarik menggambar karakter dalam gaya Disney, ini adalah sesuatu untuk Anda: