TUTORIAL MENGGAMBAR KARAKTER

Halo agan”, kali ini saya akan membagikan tutorial cara menggambar anime digital menggunakan Android, perlu agan” ketahui kunci menjadi artis profesional adalah “JANGAN MENIRU/REDRAW” untuk permulaan seorang newbie itu wajar sekali dua kali, tapi kalau kalian tetap melakukan hal itu karena merasa hasil gambaran kalian bagus dibandinng imajinasi kalian sendiri, itu adalah pemikiran yang salah, kenapa salah? karena kalian hanya mengikuti seseorang dan akan terus mengikuti mereka , bahkan kalian sendiri tidak tau siapa yang kalian ikuti!?, semuanya perlu proses dari nol, menggambarlah sesuai imajinasi kalian dengan style kalian sendiri.

Perlu diketahui style tiap seseorang pasti memiliki perbedaan, dan jangan khawatir dengan style kalian, kalian tidak perlu memikirkan untuk membuat ciri khas kalian sendiri karena ciri khas itu yang akan datang sendiri
Tutorial kali ini menggunakan aplikasi yang disediakan gratis di PlayStore, aplikasi yang sekarang dipakai adalah Autodesk Sketchbook Pro. ada beberapa pilihan lainnya seperti

Baiklah cukup basa basinya mari langsung simak tutorial dari salah satu artis kenalan ane

1. Membuat sketsa pose Tambahkan layer baru di atas layer background. Menggunakan basic pen atau pencil, gambar sketsa kasar pose yang anda inginkan. Pastikan anda menggambar anatominya dengan tepat. Anda tidak perlu menggambarnya dengansempurna karena ini akan dihapus nantinya.
2. Menambahkan karakter ke pose Ubah opacity dari layer pose ke 10%-20% kemudian tambahkan layer baru di atasnya. Sekarang mulai menggambar karakter yang diinginkan mengikuti pose yang sudah anda buat.
3. Membuat lineart Lineart adalah versi paling jelas dari sketsa (menurutsaya) yang mana nantinya akan lebih mudah untuk ditambahkan warna. Sembunyikan layer pose danganti opacity dari layer karakter menjadi 10%-20% dan tambahkan layer baru di atasnya. Gambarlah mengikuti sketsa karakter dengan satu goresan. Jika anda menggunakan Paint Tool Sai, anda bisa menggunakan curve di layer lineart. Gambarlah setiap bagian dari karakter di layer-layer yang berbeda, sepertirambut, pakaian, dan aksesoris. Ini mencegah apabila terjadi kesalahan menggores dan anda bisa membetulkannya dengan mudah.
4. Merapikan lineart yang berantakan Karena kita bekerja di banyak layer biasanya akan ada kesalahan meskipun itu kecil. Jika sudah rapi, merge layer-layer lineart tersebut.
5. Menambahkan warna dasar Tambahkan beberapa layer baru di bawah layer lineart. Kenapa beberapa layer? Karena kita akan mewarnai setiap bagian dari karakter di layer-layer yang berbeda untuk mencegah warna-warna yang tidakdi inginkan tercampur. Seperti ketika warna yang seharusnya andagunakan untuk men-shading kulit kini tercampur dengan rambut yang sudah selesai dikerjakan. Penuhi bagian dalam lineart dengan warna dasar yang diinginkan dengan brush basic seperti pen. Saya tidak merekomendasiakan anda untuk menggunakan tool bucket karena saya sering menemukan pixel-pixel yang belum terkena warna di dekat lineart. Dan juga mewarnai banyak warna dalam satu layer yang sama itu susah sekali.
6. Menambahkan simple shading dan sumber pencahayaan Jangan lupa untuk lock transparency setiap layer warna! Tambahkan sumberpen cahayaan sesuai keinginan dengan menambahkan layer baru dan gambar lah matahari jadi anda tahu dimana letak yang terkena cahaya. Mulai shading menggunakan warna lebih gelap dari warna dasar menggunakan brush yang biasanya anda gunakan untuk shading.
7. Shading Masih shading tapi kali ini menggunakan warna yang lebih gelap dan saya juga menambahkan warna lebih terang di bagian yang terkena cahaya. Jika anda menyadari ada warna kecoklatan di bajunya, saya menambahkannya untuk membuat bajunya terlihat lebih realistis.
8. Mempertajam shading Oke sepertinya anda mulai menyadari saya cukup malu untuk menambahkan warna, maafkan saya. Disini saya menandai area yang terkena bayangan dengan warna yang lebih tua. Dapat anda lihat bayangannya mulai Nampak.
9. Tambahkan bayangan dengan warna biru tuaBiru tua?! Ya, ini sungguhan. Seperti yang anda lihat, biru tua membuat karakter saya terlihat lebih realistis jadi saya merekomendasikan anda untuk mencoba ini. Seperti ketika menambahkan bayangan ke kulit, coklat tua itu terlalu flat (hasilnya range warna kulit hanya dari orange kemerah). Saya mempelajari ini dari kawacy yang untuk lebih jelasnya bisa anda lihat referensinya di bawahini.
10. Mengganti warna lineart dan memberi warna daerah yang masih kosong Style saya adalah semi realism jadi lineart hitam terlihat seperti kartun. Cara mengatasinya adalah lock transparency layer lineart dan mewarnainya. Saya menambahkan layer baru dan mengisi warna yang masih berlubang. Saya juga menambahkan helai rambut disini.
11. Menambahkan layer multiply dan soft glow Ketika anda membuka layer properties, anda bisa menemukan blend mode yang mencakup Darken, Multiply, Color Burn, Overlay, dan lainnya. Tetapi sekarang kita hanya akan menggunakan Multiply dan Soft glow. Saya tidak terlalu mengerti tujuan dari Multiply tapi saya menemukan ini seperti mempertajam atau memperjelas warna. Disamping itu soft glow akan membuat warna menjadi glowing seperti namanya sendiri. Blend mode soft glow ini bagus untuk bagian yang terkena cahaya, tapi jangan gunakan terlalu banyak. Caranya adalah tambahkan dua layer di atas semua layer. Satu untuk multiply, dan satu lagi untuk Soft Glow. Saya menggunakan warna hitam di layer Multiply, sedangkan warna putih di layer Soft Glow. Jangan lupa untuk mengatur opacity kedua layer tersebut sampai anda menemukan warna yang diinginkan.
12. Finishing Saya menambahkan efek cahaya di matanya menggunakan layer Soft Glow dan sekarang dia nampak hidup! Disini anda harus menambah dan memperbaiki bagian-bagian yang mungkin anda lupa lakukan sebelumnya. Di kasus saya, saya lupa untuk menambahkan shading di ikat rambutnya. Terakhir, ganti backgroundnya, dan SELESAI!Tadaa!!! gimana gimana?? cakep kan jadinya :v uenak, Yup seperti itulah tutorial yang kita berikan, jangan lupa untuk Follow INSTAGRAM

For English Version Click Here